Translate

Home » » Kebakaran Sempat Hanguskan 4 Bangunan di Kali Sukalila Cirebon

Kebakaran Sempat Hanguskan 4 Bangunan di Kali Sukalila Cirebon

CIREBON, TRIBUN- Beberapa bangunan di Jalan Kalibaru Selatan, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemawungkuk, Kota Cirebon, hangus terbakar Selasa (6/11) malam. 

Beruntung kebakaran yang terjadi sekitar pukul 19.00 itu tidak menimbulkan korban jiwa. Petugas pemadamkan kebakaran berhasil memadamkan api sekitar pukul 21.00. Komandan Regu I Dinas Kebakaran Kota Cirebon, Joko, mengatakan kebakaran itu melanda tiga bangunan rumah.

Dinas Kebakaran Kota Cirebon mengerahkan lima mobil kebakaran ditambah dengan satu mobil kebakaran Kabupaten Cirebon dan satu mobil kebakaran dari Pelabuhan Kota Cirebon. "Kami berusaha untuk mematikan titik api di bagian atas bangunan agar tidak bisa merambat ke rumah-rumah yang lain," ujarnya.

Satu di antara pemilik bangunan yang terbakar, Hermawan (54), mengatakan api berasal dari bangunan yang berada di belakang bangunan usaha roti bakarnya. "Sumber api kemungkinan berasal dari gas elpiji dan minyak tanah," katanya. Menurut Hermawan, bangunan adalah tempat gudang gas elpiji dan minyak tanah.

Semula, Hermawan mengaku diperingatkan oleh karyawan sebuah warung makan di lokasi itu. Kemudian, dia bersama karyawannya segera menyelamatkan barang-barangnya. "Saya keluarkan empat gas elpiji tiga kilogram terlebih dulu. Bahaya, takut meledak," ujarnya. Namun, ia dan karyawannya hanya mampu menyelamatkan separuh barangnya karena api semakin membesar. 

Hermawan belum bisa menghitung kerugian materialnya. Kapolresta Cirebon, AKBP Asep Edi Suheri, melalui Wakapolresta Cirebon, Kompol I Putu Yuni Setiawan, mengatakan belum ada kepastian mengenai bangunan yang terbakar serta perkiraan kerugian akibat kebakaran itu. (*)

KBRN, Cirebon: Bangunan di wilayah jalan Kalibaru Sukalila Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Ludes terbakar setelah diamuk si Jago Merah pada Selasa Malam (06/11/2012).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kebaran dimulai di sebuah gudang gas yang meledak dan kemudian merembet ke Toko Roti serta 2 rumah yang berada di dekat gudang gas tersebut.

Beberapa took dan bangunan lainnya di dekat lokasi pun langsung melakukan evakuasi serta pemadaman Listrik langsung dari PLN guna mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

Akhirnya setelah berjibaku dengan kobaran Api yang besar 8 Unit Mobil Pemadam kebakaran berhasil menjinakkan kobaran si Jago Merah.

peristiwa kebakaran hebat dan upaya pemadamannya pun menjadi tontonan warga sekitar.

Kepada RRI salah seorang saksi mata kejadian Agus mengatakan bahwa kaget setelah ada ledakan dari gudang gas dan benar saja api langsung menyambar ke gedung lainnya.

"Api berasal dari gudang gas mas," ujar Agus. Apalagi tandas Agus angin yang cukup besar mendukung kobaran api untuk melahap bangunan lainnya.

"Api tambah besar karena pas ada angin mas," ucap Agus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, akan tetapi jari petugas pemadam kebakaran Cirebon harus putus dan tangannya mengalami luka akibat tertimpa kayu saat melakukan pemadaman.
Kerugian dari peristiwa kebakaran tersebut ditaksir mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger