Translate

Home » » Mahasiswa Demo Tolak Komersialisasi Pendidikan

Mahasiswa Demo Tolak Komersialisasi Pendidikan

 
YOGYAKARTA - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Sekber Aliansi Mahasiswa Menggugat melakukan demo menolak komersialisasi dan liberalisi pendidikan. Demo dilakukan di titik nol km Yogyakarta untuk memperingati Hari Pelajar Internasional (Internasional Student's Union), Sabtu (17/11).
 
“Aksi ini dalam rangka memperingati hari pelajar internasional yang jatuh pada 17 November. Negara mengizinkan universitas asing mendirikan kampus di Indonesia. Efeknya pendidikan menjadi barang nan mewah. Semestinya, semua masyarakat mempunyai hak untuk mendapat pendidikan tanpa harus membayar mahal," terang Humas Aliansi Mahasiswa menggugat, Rifat Arif.
 
Rifat menilai fungsi kampus semakin bergeser dari institusi menjadi sebuah industri. Biaya pendidikan semakin mahal sehingga akses masyarakat menikmati pendidikan tinggi tertutup. "Negara tidak lagi melayani rakyatnya dan hanya menjadi komprador kapitalisme global. Karena itu kami menuntut pemerintah mencabut UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional," tegasnya
 
Mahasiswa juga menolak kenaikan TDL (Tarif dasar Listrik) dan menuntut diselenggarakannya pendidikan gratis, ilmiah, demokratis dan bervisi kerakyatan.

Sumber : http://www.berita99.com/berita/3400/mahasiswa-demo-tolak-komersialisasi-pendidikan
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger