Translate

Home » » Event Menulis di Bulan September 2012

Event Menulis di Bulan September 2012

by Aditya D. Sugiarso (http://www.facebook.com/adityadedi.alfarisy)

Hai teman-teman….

Apa yang terbayang dalam benak kalian, ketika mendengar kata “Jepang”? Hmmm… Romusha, kimono, Film Oshin, apalagi ya, Film Tokyo Love Story, lagu First Love... Yap… yap semua itu betul. Kalau saya yang ditanya, yang terbayang adalah buku Memoar of Geisha, dan keindahan bunga sakura… Bunga sakura, it’s so romantic, isn’t it?  Oke, tanpa berpanjang-panjang, kami ingin mengadakan event dibulan September ini dengan tema :

Japan Love Story

Wiiiiiii…. Cerpen romantis berlatar belakang Jepang. Sudah terbayang kerennya, kan? Oke jangan ragu-ragu, pada ikutan, ya? Berikut Ketentuan lengkapnya :

* Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
* Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik & benar.
* Naskah harus karya asli, bukan terjemahan.
* Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik & online dan tidak   sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
* Memiliki akun FB dan berteman dengan Petra Shandi dan Risty Arvel atau Risty Arvel II serta mengajak (membagikan) ke wall teman fb minimal 20 teman, jangan lupa tag kita, ya….
* Peserta hanya boleh mengirim 1 naskah terbaiknya. Keputusan juri mengikat. Tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada surat menyurat.
 Naskah di kirim dalam bentuk attachment bukan badan e-mail ke: evenpetra.risty@yahoo.co.id dengan subjek email: JLS_Judul Cerpen_Nama Penulis dengan nama file Judul Cerpen_nama penulis. Jangan lupa sertakan biodata singkat dibawah naskah, bukan file terpisah. Berbentuk Narasi dan maksimal 100 kata.

*
* Lomba mulai tanggal 1 September dan berakhir pada tanggal 30 september 2012 pukul 00.00 WIB
* Diketik dengan komputer di atas kertas A4 dengan jarak 1,5 spasi. Font TNR, 12
* Panjang naskah sekitar 6-10 halaman

Akan diambil dua naskah terbaik :

* Juara I : pulsa 50 ribu dan paket buku
* Juara II : pulsa 20 ribu dan paket buku

Lima belas naskah terpilih plus naskah dari PJ dan dua orang penulis tamu (Kamiluddin Azis dan Endang Ssn) akan ditawarkan kepada penerbit mayor atau diterbitkan secara Indie. Tidak ada royalty bagi penulis, namun diusahakan ada diskon untuk para kontributor.

So, tunggu apalagi, kembangkan imajinasi kalian dan mulailah berkarya. Kami tunggu partisipasinya.

Penanggungjawab

Petra Shandi dan Risty Arvel

*****

Yuk ikutan!!!! DL 8 Sept.

by Dedul Faithful (http://www.facebook.com/dede.abdul)
Em, langsung saja ya, teman-teman. Demi menindaklanjuti tentang pengadaan event kepenulisan kemaren yang sempat kita diskusikan bersama pada sebuah status facebookku. Kini, saya mencoba untuk membuat note-nya, supaya teman-teman lebih jelas dalam segala instruksi dan persyaratannya. Berikut penjelasannya:

* Dicari 20 cerpen (dari 20 penulis) untuk kami terbitkan secara indie (POD).
* Tema cerpen: bebas (tapi saya berharap dan lebih mementingkan dengan tema yang bisa membuat pembaca berubah ekspresi); bikin sedih, bikin senang, bikin ketawa, bikin nangis, bikin haru, bikin takut/horror, boleh fiksi boleh fakta.
* Diketik kertas A4, margin 3333, font Georgia, spasi 1,5, dengan jumlah 6-9 halaman.
* Naskah belum dipublikasikan di koran/media berbayar. Kalau facebook dan blog, boleh, asal diedit sedikit biar beda dengan sebelumnya.
* Sertakan biodata di akhir naskah, kurang lebih ½ lembar.
* Judul buku menyusul.
* Naskah dikirim paling lambat tanggal 08 September 2012, di emailku: ari_lever@yahoo.co.id (TAPI KINI KUTUNGGU SAMPAI TANGGAL 08 SEPTEMBER--YAITU HARI SABTU--SEKALIAN NGEDIT + GARAP COVER = HARI SENIN SUDAH SAYA KIRIM)
* Tentu saja nanti akan dicari naskah yang paling bagus (tidak menutup kemungkinan yang kirim naskah lebih dari 20 orang). Jika nanti ada naskah yang kurang sempurna, akan saya hubungi secara pribadi, demi melakukan revisi.
* Penulis tidak dipungut biaya apapun, alias GRATIS!
Kami tidak memberi sample buku kepada masing-masing kontributor, karena biaya lain-lain sudah ditanggung admin dan pengurusnya. Jadi diharapkan tiap kontributor yang terpilih nanti

* membeli bukunya sendiri-sendiri (masak sudah digratisin pada nggak mau beli bukunya? Gila aja. :D Selain buat koleksi, kan kita bisa buat sebagai penyemangat diri untuk menghasilkan buku-buku bermutu yang lain? Benar kan?)
* Proyek ini sebenarnya bukan proyek saya, alangkah baiknya kita namakan proyek bersama. Jadi kita saling bantu-membantu dalam kebersamaan dan menyukseskan proyek ini.
* Naskah akan diterbitkan di Penerbit Soega.

Kalau ada pertanyaan yang kurang jelas (selain yang sudah dijelaskan di atas, silakan layangkan di kolom komentar). Yang sudah jelas jangan ditanyain lagi ya? Terimakasih. Saya tunggu cerpennya! ^___^



PJ: Ari Naicker (OM SUTANTO)/ Penulis novel Arjuna Ngangkut Beras
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger