Translate

Home » , » Mitos Puser Bumi di Gunung Jati Cirebon

Mitos Puser Bumi di Gunung Jati Cirebon

Foto Santosa Innovation


Puser Bumi atau yang biasa dikenal dengan sebutan bahasa jawa Wudel Lemoh adalah tempat legenda di atas puncak Gunung Jati. Gunung Jati yang terletak di sebelah timur dari komplek wisata jiarah makam Sunan Gunung Jati ini penuh dengan cerita legenda. Menurut warga sekitar, bahwa puser bumi ini merupakan sebuah paku yang menancap di atas permukaan bumi agar keseimbangan bumi dapat terjaga.

Konon menurut warga sekitar juga, sejarah berdirinya bukit yang juga bisa disebut Gunung Sembung/Gunung Jati ini bermula dari Sunan Gunung Jati yang mendengar cerita dari warga nelayan sekitar susah untuk kembali ke daerahnya. Karena tidak ada penanda daratan, jika hendak pulang setelah melaut. Maka Sunan Gunung Jati pun pergi ke puncak Gunung Ciremai untuk mengambil pucuk dari Gunung Ciremai tersebut. Setelahnya sampai di sana, Sunan Gunung Jati mengambil satu genggam tanah dari Gunung Ciremai lalu disimpannya dalam kain. Setelah kembali ke Gunung Jati, lalu tanah dari pucuk Gunung Ciremai diletakkannya di pinggiran laut, sehingga tumbuhlah pesisir laut itu menjadi sebuah bukit yang biasa dikenal dengan sebutan Gunung Sembung (Gunung Sambungan) atau Gunung Jati yang penuh dengan pohon jati.

Puser bumi yang terletak di puncak Gunung Jati tersebut konon memiliki sambungan penyeimbang, antara Gunung Jati dengan Gunung Ciremai. Agar setiap kali terjadi gempa bumi, daerah Cirebon dan sekitarnya tidak mengalami gempa yang serius.

Ketika sampai di puncak Gunung Jati, Anda dapat melihat pantai Laut Jawa dan daeah kota Cirebon dengan mata telanjang. Untuk sampai ke puncak Gunung Jati Anda perlu menaikai tangga yang cukup lebar dan luas, sekitar 5 menit untuk sampai ke atas jika Anda berjalan dengan santai. Disamping masuk ke situs ini masih gratis, hanya perlu membayar parkir untuk kesejahteraan dan kebersihan tempat wisata Rp 2.000,-


Reporter : Santosa
Share this article :

2 comments:

Dodi Nurdjaja said...

Saya ada cerita lain yang lebih kuno tentang terjadinya Puser Bumi.
Silakan cek di http://dodi-nurdjaja.blogspot.com/2013/03/untold-story-puser-bumi-gunung-jati.html

Sendall Capit said...

sip mas recommended buat para turis!! khususnya bagi yg hobi wisata misteri/religi gitu...kesuwun mas! :)

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger