Translate

Home » , » Gedung BAT Terfavorite Ajang Berphoto di Kota Cirebon

Gedung BAT Terfavorite Ajang Berphoto di Kota Cirebon

Foto Santosa Innovation


Gedung BAT atau biasa dikenal dengan sebutan British American Tobaccos, adalah sebuah perusahaan yang pada awalnya merupakan perusahaan rokok SS Michael. Sebelum tahun 1925, mereka membelinya dan kemudian mengembangkannya secara besar-besaran. Bangunan dua lantai ini dibangun tahun 1924 oleh arsitek F.D. Cuypers & Hulswit dengan gaya art deco. Anda akan melihat bahwa secara umum, bangunan ini terdiri dari lobi, ruang kantor, pabrik dan sarana penunjang, seperti mushola dan kantin. Material utama bangunan berupa besi, batu, bata merah, pasir, semen, kayu, marmer, tegel, keramik genteng, dan sabes. Warnanya didominasi warna putih dan biru. Pada tahun 1990-an, lantai pabrik semula terbuat dari kayu dan diganti dengan lantai marmer. Sejak gedung ini dibangun, nyaris tidak memiliki halaman dan hanya menyisakan lahan untuk pohon, pos polisi dan tempat untuk berjalan kaki. Lokasi di Jalan Pasuketan, Kampung Kebumen, Desa Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Ternyata memiliki nilai arsitek bangunan yang klasik dan banyak disukai oleh kaum pemuda di Kota Cirebon untuk berfoto ria. Karena memiliki nilai sejarah dan masih terbilang cukup asri dan asli dari zaman penjajahan Belanda dahulu. Komunitas Cosplay Cirebon misalnya, pada bulan Juli tahun 2012 lalu melakukan event Gathering di zona Gedung BAT. 

Hingga sekarang Gedung B.A.T siang dan malam selalu dijadikan sebagai background pemotretan oleh photografer di Cirebon untuk mencari nilai seni yang terkandung dari gambar yang mereka ambil. 


Reporter : Santosa
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger