Translate

Home » » Apakah SBY Akan Berlutut Jika Menerima Penghargaan dari Ratu Inggris?

Apakah SBY Akan Berlutut Jika Menerima Penghargaan dari Ratu Inggris?

Mantan Presiden AS Ronald Reagan tidak berlutut dan ditepuk-tepuk pundaknya memakai pedang oleh Ratu Elizabeth, ketika menerima gelar kehormatan.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan berangkat ke Inggris untuk mengikuti upacara pemberian gelar kehormatan Honorary Knight Grand Cross in the Order of Bath dari Ratu Elizabeth II. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri didesak segera menjelaskan ke publik soal apakah Presiden SBY akan berlutut di hadapan Ratu Elizabeth saat pemberian gelar itu.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad H.Wibowo, jika Kemenlu belum menjelaskan, sebaiknya didorong agar SBY tidak berlutut. "Belum ada penjelasan soal upacaranya. Untuk kehormatan bangsa, sebaiknya SBY diingatkan supaya tidak berlutut dan ditepuk-tepuk bahunya pakai pedang. Jadi no kneeling, no dubbing. Apalagi SBY adalah Presiden yang sedang menjabat," kata Dradjad di Jakarta, hari ini.

Dradjad bercerita bahwa Ronald Reagan, mantan Presiden AS juga pernah menjadi penerima gelar tersebut. Saat upacara penganugerahan, Reagan terekam tidak berlutut dan ditepuk-tepuk pundaknya memakai pedang oleh Ratu Elizabeth. "Padahal waktu menerima gelar itu, Reagan sudah tidak lagi menjabat Presiden," tuturnya. Pernyataan Dradjad juga didukung Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari, yang menekankan SBY harus memperhitungkan harga diri anak bangsa terkait upacara pemberian gelar itu. "Menolak, tak sopan. Ya kalau mau terima, boleh saja tapi pakai syarat. Demi harga diri bangsa tak perlu berlutut dan pundaknya ditepuk-tepuk pedang SBY," tegas Eva.

Rencananya, gelar akan diberikan saat SBY melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pada 30 Oktober hingga 3 November 2012. Selain SBY, mayoritas lainnya penerima gelar kehormatan Knight Grand Cross in the Order of Bath lainnya adalah mantan presiden Amerika Serikat. Selain Reagan, ada juga George Bush,sr, Dwight Eisenhower, Douglas MacArthur, dan pencetus Marshall Plan George Marshall.

Di luar pemimpin AS, ada mantan Presiden  Perancis Jacques Chirac dan Presiden Turki Abdullah Gul yang pernah menerima gelar kehormatan dari Ratu Inggris tersebut.

Sumber :
http://www.beritasatu.com/politik/80296-sby-didesak-jangan-berlutut-di-depan-ratu-inggris.html
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger