Translate

Home » , » Indosat Punya Utang Obligasi Capai Rp 4 Triliun Tahun 2013

Indosat Punya Utang Obligasi Capai Rp 4 Triliun Tahun 2013

PT Indosat Tbk akan mengajukan pengaturan kembali pembayaran (refinancing) utang obligasinya senilai Rp4 triliun yang jatuh tempo pada 2013.

Opsi refinancing terdiri dari penerbitan obligasi baru atau menggunakan kas internal dengan melakukan penjualan menara atau saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

Hal tersebut diungkapkan Direktur Keuangan Indosat Stefan Carlsson dalam paparan publik di Jakarta, Senin (21/1). "Kami lihat yang terbaik dan paling menguntungkan dari segi harga dan lainnya," ungkapnya.

Terkait dengan penjualan menara, Stefan mengaku banyak pihak yang berminat membeli. Namun lagi-lagi Indosat masih menyeleksi pihak yang benar-benar memberikan penawaran menguntungkan.

Dari jumlah utang sekitar Rp4 triliun, sebesar Rp2,68 triliun merupakan utang berdenominasi dolar AS dan sisanya merupakan utang rupiah.

Yang terdekat obligasi Indosat jatuh tempo pada 9 April 2013 terdiri dari sukuk Indosat III tahun 2008 senilai Rp570 miliar dengan jangka waktu 5 tahun dan tingkat imbal hasil Rp58,42 miliar per tahun serta obligasi seri A Indosat VI tahun 2008 senilai Rp760 miliar dengan tingkat bunga tetap 10,25% per tahun.

Direktur Utama Indosat Alexander Rusli menambahkan untuk pelepasan saham TBIG yang dimiliki pihaknya sebesar 5% masih dipertimbangkan. Indosat masih melakukan valuasi nilai saham tersebut.

"Kami juga mempertimbangkan untuk melepas saham tersebut. Nilainya terus naik selama dipegang perseroan," ujarnya.

Untuk 2013, operator telekomunikasi berwarna kuning tersebut menganggarkan belanja modal sebesar US$800 juta yang akan digunakan untuk pengembangan jaringan, data, dan pemeliharaan dengan fokus terbesar pada penambahan base transceiver station.


Sumber : Metrotvnews.com
Reporter : Santosa
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger