Translate

Home » » Bahaya Orde Baru Kembali Terulang di 2012

Bahaya Orde Baru Kembali Terulang di 2012

 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin menegaskan draft terbaru RUU Keamanan Nasional (Kamnas) dari pemerintah masih berisi pasal-pasal kontroversial.
Politisi PDIP mengatakan sudah mendapatkan draft dan sudah mengkaji yang dikirimkan Kementerian Pertahanan pada 16 Oktober 2012.
"Kesimpulan saya, kalau kita mau kembalikan peran TNI seperti jaman Orba dulu, mari kita berlakukan UU ini. Kalau mau reformasi dilanjutkan, ya mari kita kritisi," katanya Politisi PDI Perjuangan itu di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (25/10/2012).
Hasanuddin mengatakan setidaknya ada 8 pasal dalam draft terbaru yang disinyalir merusak tatanan orde reformasi Indonesia. Pasal tersebut antara lain pasal 14 ayat 1 yang menyatakan status darurat militer diberlakukan bila ada kerusuhan sosial.
"Padahal aslinya darurat militer hanya kalau ada pemberontakan senjata atau ada serangan milier dari luar. Untuk urusan sosial, misalnya seperti kerusuhan 1998, tak perlu darurat miiter, cukup darurat sipil. Kalau darurat sipil, seharusnya TNI tak perlu masuk," kata Hasanuddin.
Kemudian Pasal 17 ayat 4, yang menyatakan ancaman potensial dan aktual ditentukan dan diatur oleh Peraturan Pemerintah.
"Ini bahaya. Karena artinya nanti Presiden boleh buat skenario apa saja yang jadi ancaman. Jadi kalau ada mogok, misalnya, bisa dikeluarkan perpres untuk mengerahkan pasukan," imbuhnya.
Lalu dalam pasal 22 ayat 1, yang masih tetap menggunakan penyelenggaraan kamnas melibatkan peran aktif intelijen negara.
"Mestinya dibuat jelas mana intelijen yang boleh dan yang tidak," kata Hasanuddin.
Pasal 27 ayat 1 menyatakan Panglima TNI dapat menetapkan kebijakan operasi dan strategi militer berdasarkan kebijakan dan strategi kebijakan penyelenggara kamnas.
"Itu tak boleh. Mestinya Panglima TNI menyelenggarakan operasi militer menurut fungsi TNI saja. Tak harus ikuti kebijakan dewan kamnas. Kalau pasal seperti ini, nantinya dia (Panglima TNI) bisa digunakan melakukan apa saja, termasuk hal yang keluar dari tugas militer sesuai UU," ungkapnya.
Kemudian, dalam ayat selanjutnya pasal itu, ditegaskan bahwa polisi ditugaskan sesuai fungsi Kepolisian yang diatur UU.
"Jadi TNI dibuat leluasa, Polisi dikunci. Ini artinya TNI ada keleluasaan, sementara polri berjalan di koridornya," tambahnya.
Di pasal 30, dinyatakan presiden dapat menggunakan usur TNI dalam menanggulangi ancaman bersenjata dalam kondisi tertib sipil.
"Ini juga tak jelas. Dengan demikian, kalau ada kriminal bersenjata, penugasan TNI bisa dilaksanakan," ujar Hasanuddin.
Lalu pasal 32 ayat 2, dinyatakan pelibatan masyarakat dalam kamnas lewat komponen cadangan (Komcad) dan komponen pendukung. Ini baru sebab RUU Kpmcad sendiri sedang digodok dan mendapat banyak penolakan.
Di pasal 48 ayat 1C, dinyatakan bahwa komando dan kendali tingkat operasional di wilayah provinsi, ditangani panglima atau komandan satuan terpadu. Dalam hal ini berarti Panglima Kodam.
Sementara di ayat D, disebutkan penanganan di tingkat kabupaten dilaksanakan pejabat setingkat komandan batalion dan atau komandan distrik militer (kodim).
"Nah kami kembalikan, apakah TNI mau digeser seperti peran jaman Orba dulu? Atau kita ikuti UU TNI. Kami kembalikan ke rakyat mau seperti apa," tegas Hasanuddin.
Bagi PDI Perjuangan sendiri, aturan-aturan yang ada saat ini sudah jelas menunjukkan bagaimana peran TNI dan peran Kepolisian.
"Dan kalau mau jujur, untuk masalah sosial, peran TNI dan Polri ini sudah ada di UU Penanganan Konflik Sosial. Tak perlu Kamnas lagi," pungkasnya.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Supported by : Santosa Innovation | Terminal Air Budiraja Mertasinga - Cirebon
Copyright © 2013. Mesanint - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger